Gambaran Umum Manajemen
Manajemen adalah proses kerja dengan orang-orang untuk menentukan,
menginterprestasikan, dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan
fungsi- fungsi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing),
penyusunan personalia atau kepegawaian (staffing), pengarahan dan kepimpinan
(leading), dan pengawasan (controlling).
1. Manajemen Lini
Tingkatan yang paling rendah dalam suatu
organisasi, dimana seorang yang bertanggung jawab atas pekerjaan orang
lain
Contoh : Penyedia, mandor
2. Manajemen Menengah
Mencangkup lebih dari satu tingkatan didalam
organisasi. Manager menengah mengarahkan kegiatan manager lain, juga
mengarahkan kegiatan-kegiatan yang melaksanakan kebijakan organisasi.
Contoh : Kepala bagian yang membawahi kepala
seksi
3. Manajemen Puncak
Terdiri atas kelompok yang relative kecil, yang
bertanggung jawab atas manajemen keseluruhan dari organisasi.
Contoh : Direktur Utama
1. Tujuan yang hendak dicapai baik tujuan oranisasi maupun tujuan
pribadi
2. Mengembangkan antar tujuan yang berbeda dan
saling bertentangan, seperti kepentingan organisasi, perbankan, pelanggan,
konsumen, serikat pekerja, asosiasi dagang, masyarakat, dan pemerintah
3. Mencapai efisiensi dan efektivitas dalam
pencapaian tujuan
1. Efisien yaitu kemampuan menyelesaikan suatu pekerjaan dengan
benar, dicapai dengan menghitung ratio dari keluaran (output) dan masukan
(input). Berapa besar biaya yang dikeluarkan untuk mencapai tujuan dibandingkan
dengan hasil atau pendapatan yang diterima dari tercapainya tujuan
tersebut.
2. Efektivitas yaitu kemampuan guna memilih
berbagai alternative yang ada untuk mencapai tujuan yang diinginkan
Planning (perencanaan) yaitu penentuan serangkaian tindakan atau
kegiatan untuk mencapai hasil yang diharapkan
Organizing (organisasi) yaitu pengelompokan
kegiatan untuk mencapai tujuan, termasuk dalam hal ini penetapan susunan
organisasi, tugas, dan fungsinya. Staffing (penyusunan personalia) yaitu
penyusunan personalia sejak dari penarikan tenaga kerja baru, latihan dan
pengembangan sampai dengan usaha agar setiap petugas memberi daya guna maksimal
pada organisasi.
Leading yaitu pekerjaan manajer untuk meminta
orang lain agar bertindak sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan
Controlling (pengawasan) yaitu penemuan dan
penerapan cara dan peralatan untuk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan
sesuai dengan tujuan.
1. Ketrampilan Konsepsual
Ketrampilan atau kemampuan mental untuk
mengkoordinasikan dan mengintegrasikan seluruh kepentingan dan kegiatan
organisasi.
2. Ketrampilan Kemanusiaan
Kemampuan untuk saling bekerja sama dengan
memahami dan memotivasi orang lain.
3. Ketrampilan Administrasi
Kemampuan yang ada hubungannya dengan
fungsi-fungsi manajemen yang dilakukan.
4. Ketrampilan Teknik
Kemampuan untuk menggunakan peralatan-peralatan,
prosedur-prosedur dan metode dari suatu bidang tertentu.
1. Bekerja dengan dan melalui orang lain dalam arti luas
2. Bertanggung jawab dan mempertanggung jawabkan,
dimana sukses dan kegagalan bawahan adalah cerminan langsung sukses dan
kegagalan manajer
3. Sebagai seorang politisi dengan mengembangkan
hubungan-hubungan baik untuk mendapatkan dukungan atas kegiatan-kegiatan yang
dilakukan
4. Sebagai seorang diplomat, yaitu sebagai wakil
resmi dari kelompok kerjanya pada berbagai pertemuan baik dengan kelompok
organisasi lain, dengan masyarakat ataupun dengan pemerintah
5. Manajer mengambil keputusan-keputusan yang
sulit, diharapkan manajer dapat menemukan pemecahannya dan mengambil
keputusan-keputusan yang akurat.
1. Peranan Antar Pribadi
Sebagai pemuka simbolis, misal menerima dan
menjamu tamu, menghadiri pernikahan karyawannya, upacara-upacara serimonial,
dll Pemimpin, mendidik, mengatur, memimpin, memberikan motivasi, memberikan
bimbingan, nasehat, dll kepada bawahan
Perantara, berhubungan dengan pihak-pihak ekstern
perusahaan, baik dalam mengadakan pertemuan, perwakilan, dll
2. Peranan Informasional
Monitoring aliran informasi yang ada baik kedalam
maupun keluar perusahaan. Penerus informasi yaitu menyebarkan
informasi-informasi kepada bawahannya atas keputusan yang diambil dan informasi
lainnya dari luar perusahaan .
Perwakilan yaitu sebagai wakil dari perusahaan
keluar perusahaan baik sebagai warga Negara biasa, mewakili dalam pengadilan
dan mengadakan hubungan dengan unsur-unsur masyarakat lainnya.
3. Peranan Pembuatan Keputusan
Wiraswasta, berdasarkan pada inisiatif dan
kreatif sendiri
Penangkal kesulitan, penanggulangan pemogokan,
pembatalan kontrak, penampung keluhan, kekurangan bahan produksi
Pengalokasian sumber daya, kepada siapa, akapan,
untuk apa dan bagaimana sumber daya yang dimiliki dialokasikan Negiator,
mengadakan perundingan-perundingan dengan pihak lain.
CONTOH REALNYA
Contoh real yang terdapat pada manajemen di sebuah komplek
perumahan. Misal didalam suatu komplek terdapat Rukun Tetangga (RT) dan Rukun
Warga (RW) . yang di beri kepercayaan oleh warga sekitar untuk mengatur,
mengawasi , menggerakan, mengkoordinasi warga- warganya demi tercapainya suatu
tujuan tertentu.
Dalam Pengertian manajemen adalah proses perencanaan,
pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan setiap usaha- usaha para anggota
organisasi dan penggunaan sumber daya- sumber daya organisasi lainnya agar
mencapai tujuan organisasi yang telah ditentukan.
Ketua RT maupun RW dipilih lansung oleh warga, di dalam lingkungan
ini ketua RT atau RW disebut dengan manajer, karena mereka di berikan tanggung
jawab oleh warga sekitar untuk memimpin ligkungan tempat tinggal mereka agar
tercapainya suatu tujuan tertentu.
Sesuai dengan fungsi manajemen dimana ketua RT dan RW mempunyai
planning , organizing , leading , dan controlling untuk para warganya agar
mereka agar tetap rukun dalam menjalankan aktifitasnya.
Menjadi ketua RT atau RW haruslah aktif dan dapat mempersatukan
warga- warganya dan membuat lingkungan tempat tinggal nyaman,aman,dan tentram
dengan ide- ide atau gagasan yang mereka punya.
Misalnya setiap hari minggu di adakan gotong royong untuk
bersih-bersih lingkungan yang di lakukan oleh warga sekitar yang gunanya
untuk menjaga kebersihan lingkungan. Tidak hanya itu manfaat lain dari kegiatan
itu juga menjaga silaturahmi antar warga di sekitar.
Disini ketua RT atau RW selaku manajer telah melakukan manajemen karena
sudah melaksanakan suatu perencanaan, mengajak atau menggerakkan anggota
organisasi yaitu warga untuk mendapatkan suatu tujuan tertentu yakni lingkungan
yang bersih dan membuat silaturahmi antar warga tetap terjaga.
REFRENSI
https://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen
http://likalikubuku.blogspot.co.id/2014/10/gambaran-umum-manajemen-sim.html