Gambaran Umum Manajemen Beserta Contoh Realnya

Gambaran Umum Manajemen




Manajemen adalah proses kerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterprestasikan, dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi- fungsi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penyusunan personalia atau kepegawaian (staffing), pengarahan dan kepimpinan (leading), dan pengawasan (controlling). 

Tingkatan Manajemen & Manajer
1. Manajemen Lini 
Tingkatan yang paling rendah dalam suatu organisasi, dimana seorang yang bertanggung jawab atas pekerjaan orang lain 
Contoh : Penyedia, mandor 

2. Manajemen Menengah 
Mencangkup lebih dari satu tingkatan didalam organisasi. Manager menengah mengarahkan kegiatan manager lain, juga mengarahkan kegiatan-kegiatan yang melaksanakan kebijakan organisasi. 
Contoh : Kepala bagian yang membawahi kepala seksi 

3. Manajemen Puncak 
Terdiri atas kelompok yang relative kecil, yang bertanggung jawab atas manajemen keseluruhan dari organisasi. 
Contoh : Direktur Utama 

Alasan Manajemen Diperlukan
1. Tujuan yang hendak dicapai baik tujuan oranisasi maupun tujuan pribadi 
2. Mengembangkan antar tujuan yang berbeda dan saling bertentangan, seperti kepentingan organisasi, perbankan, pelanggan, konsumen, serikat pekerja, asosiasi dagang, masyarakat, dan pemerintah 
3. Mencapai efisiensi dan efektivitas dalam pencapaian tujuan 

Konsep Utama Untuk Mengukur Prestasi Kerja Manajemen
1. Efisien yaitu kemampuan menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar, dicapai dengan menghitung ratio dari keluaran (output) dan masukan (input). Berapa besar biaya yang dikeluarkan untuk mencapai tujuan dibandingkan dengan hasil atau pendapatan yang diterima dari tercapainya tujuan tersebut. 

2. Efektivitas yaitu kemampuan guna memilih berbagai alternative yang ada untuk mencapai tujuan yang diinginkan 

Fungsi-Fungsi Manajemen
Planning (perencanaan) yaitu penentuan serangkaian tindakan atau kegiatan untuk mencapai hasil yang diharapkan 

Organizing (organisasi) yaitu pengelompokan kegiatan untuk mencapai tujuan, termasuk dalam hal ini penetapan susunan organisasi, tugas, dan fungsinya. Staffing (penyusunan personalia) yaitu penyusunan personalia sejak dari penarikan tenaga kerja baru, latihan dan pengembangan sampai dengan usaha agar setiap petugas memberi daya guna maksimal pada organisasi. 

Leading yaitu pekerjaan manajer untuk meminta orang lain agar bertindak sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan 

Controlling (pengawasan) yaitu penemuan dan penerapan cara dan peralatan untuk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai dengan tujuan. 

Ketrampilan-Ketrampilan Manajerial
1. Ketrampilan Konsepsual 
Ketrampilan atau kemampuan mental untuk mengkoordinasikan dan mengintegrasikan seluruh kepentingan dan kegiatan organisasi. 

2. Ketrampilan Kemanusiaan 
Kemampuan untuk saling bekerja sama dengan memahami dan memotivasi orang lain. 

3. Ketrampilan Administrasi 
Kemampuan yang ada hubungannya dengan fungsi-fungsi manajemen yang dilakukan. 

4. Ketrampilan Teknik 
Kemampuan untuk menggunakan peralatan-peralatan, prosedur-prosedur dan metode dari suatu bidang tertentu. 

Tugas-Tugas Penting Yang Dilaksanakan Manajer
1. Bekerja dengan dan melalui orang lain dalam arti luas 
2. Bertanggung jawab dan mempertanggung jawabkan, dimana sukses dan kegagalan bawahan adalah cerminan langsung sukses dan kegagalan manajer 
3. Sebagai seorang politisi dengan mengembangkan hubungan-hubungan baik untuk mendapatkan dukungan atas kegiatan-kegiatan yang dilakukan 

4. Sebagai seorang diplomat, yaitu sebagai wakil resmi dari kelompok kerjanya pada berbagai pertemuan baik dengan kelompok organisasi lain, dengan masyarakat ataupun dengan pemerintah 
5. Manajer mengambil keputusan-keputusan yang sulit, diharapkan manajer dapat menemukan pemecahannya dan mengambil keputusan-keputusan yang akurat. 

3 Peranan Manajer
1.       Peranan Antar Pribadi 
Sebagai pemuka simbolis, misal menerima dan menjamu tamu, menghadiri pernikahan karyawannya, upacara-upacara serimonial, dll Pemimpin, mendidik, mengatur, memimpin, memberikan motivasi, memberikan bimbingan, nasehat, dll kepada bawahan 
Perantara, berhubungan dengan pihak-pihak ekstern perusahaan, baik dalam mengadakan pertemuan, perwakilan, dll 

2. Peranan Informasional 
Monitoring aliran informasi yang ada baik kedalam maupun keluar perusahaan. Penerus informasi yaitu menyebarkan informasi-informasi kepada bawahannya atas keputusan yang diambil dan informasi lainnya dari luar perusahaan .
Perwakilan yaitu sebagai wakil dari perusahaan keluar perusahaan baik sebagai warga Negara biasa, mewakili dalam pengadilan dan mengadakan hubungan dengan unsur-unsur masyarakat lainnya. 

3. Peranan Pembuatan Keputusan 
Wiraswasta, berdasarkan pada inisiatif dan kreatif sendiri 
Penangkal kesulitan, penanggulangan pemogokan, pembatalan kontrak, penampung keluhan, kekurangan bahan produksi 
Pengalokasian sumber daya, kepada siapa, akapan, untuk apa dan bagaimana sumber daya yang dimiliki dialokasikan Negiator, mengadakan perundingan-perundingan dengan pihak lain.






CONTOH REALNYA

Contoh real yang terdapat pada manajemen di sebuah komplek perumahan. Misal didalam suatu komplek terdapat Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) . yang di beri kepercayaan oleh warga sekitar untuk mengatur, mengawasi , menggerakan, mengkoordinasi warga- warganya demi tercapainya suatu tujuan tertentu.
Dalam Pengertian manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan setiap usaha- usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya- sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditentukan.
Ketua RT maupun RW dipilih lansung oleh warga, di dalam lingkungan ini ketua RT atau RW disebut dengan manajer, karena mereka di berikan tanggung jawab oleh warga sekitar untuk memimpin ligkungan tempat tinggal mereka agar tercapainya suatu tujuan tertentu.
Sesuai dengan fungsi manajemen dimana ketua RT dan RW mempunyai planning , organizing , leading , dan controlling untuk para warganya agar mereka agar tetap rukun dalam menjalankan aktifitasnya.
Menjadi ketua RT atau RW haruslah aktif dan dapat mempersatukan warga- warganya dan membuat lingkungan tempat tinggal nyaman,aman,dan tentram dengan ide- ide atau gagasan yang mereka punya.
Misalnya setiap hari minggu di adakan gotong royong untuk bersih-bersih lingkungan yang di lakukan oleh warga sekitar yang  gunanya untuk menjaga kebersihan lingkungan. Tidak hanya itu manfaat lain dari kegiatan itu juga menjaga silaturahmi antar warga di sekitar.
Disini ketua RT atau RW selaku manajer telah melakukan manajemen karena sudah melaksanakan suatu perencanaan, mengajak atau menggerakkan anggota organisasi yaitu warga untuk mendapatkan suatu tujuan tertentu yakni lingkungan yang bersih dan membuat silaturahmi antar warga tetap terjaga.










REFRENSI


https://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen
http://likalikubuku.blogspot.co.id/2014/10/gambaran-umum-manajemen-sim.html


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »